CARA MEMASANG KNALPOT RACING UNTUK MOTOR BORE UP

Knalpot Racing? kebanyakan knalpot racing efeknya sangat bising, namun ada juga yang terdengar merdu (jika kubikasi mesin besar mesin ganda plus ga terlalu menggeber/membetot gasnya, Sebelum anda memasang knalpot racing pada motor anda.

ccccc

Tujuannya tidak lain adalah untuk mendongkrak perfoma sepeda motornya agar bisa menang dipertandingan. Namun, peruntukkan yang semestinya tersebut kebanyakan diabaikan oleh pemilik sepeda motor yang memasang knalpot racing. Hal ini wajar karena sebagian juga memasang knalpot racing hanya untuk merubah penampilan atau memodifikasi sepeda motornya. Kedua alasan ini tetap saja masih wajar dibandingkan memasang knalpot racing hanya karena raungan suara yang dihasilkan.

cara memasang knalpot dengan benar yakni:

Ketika motor baru saja di bore up atau di korek harian, perlu juga untuk memasang knalpot racing yang sesuai dengan mesin. Usahakan untuk memasang knalpot racing sesuai dengan diameter piston. Semakin besar piston yang dipakai, besar juga ukuran pipa leher knalpot yang dipakai. Untuk ukuran pipa leher motor bore up, harus lebih besar dari standar. Sebab, piston pasti sudah diganti. Maka, bagian leher pipa knalpot harus menggunakan ukuran 23,5mm, 26mm sampai 28mm. Cara penerapannya, untuk motor skuter pipa diberi ukuran kecil hingga bertahap sampai yang uikuran besar. untuk bebek juga tetap sama, hanya ditambah 32mm dan 35mm. Jadi, di bagian pipa leher itu ada 5 ukuran pipa yang berbeda. Teknik las cacing sangat tepat digunakan untuk membentuk leher pipa dengan ukuran berbeda ini.

Jika anda ingin menggunakan knalpot racing, Anda harus melakukan beberapa modifikasi pada mesin misalkan, dilakukan porting polish, celah klep diubah setelannya dan spuyer diperbesar.

Dengan begitu tenaga yang dihasilkan motor juga akan lebih baik, dan tentunya yang harus direlakan adalah pemakaian bahan bakar menjadi lebih boros.

Sebagus apapun knalpotnya tetap ada efek samping kalau mesin dan saluran bahan bakar masih standar, jadi kalo ingin performa lebih baik sebaiknya modif sedikit mesinnya supaya tidak mubadzir beli knalpotnya.

Demikian pendapat saya, semoga bermanfaat.

Posted in: Modifikasi, Motor, News, Tips

Leave a Comment