CARA MENYETEL KLEP MIO

banyak orang ngeluh karena suara mesin motornya bunyi tak tik tak tik. Bukan tdak ada alasan. Pasti ada masalah didalamnya, salah satunya klep,.

stel-klep

Biasanya kalo mau nyetel klep pakai kunci seperti berikut :

  1. Kunci T 14
  2. Kunci Ring
  3. Kunci Ring 8
  4. Kunci klep (Valve Adjusting Wrench)
  5. Obeng (-)
  6. Fuller Gauge;.

Lanngsung saja kita mulai penyetelan.
Kamu  harus buka covernya dulu, untuk . Kalo Moped, buka semua cover ato body & sayap bagian depan. Buka kedua tutup klep pake kunci Ring 24. Terus stel gigi pada posisi TOP. Caranya, puter kipas pendingin yg ada di sebelah kanan.  Kalo Moped, kamu lihat di sebelah kiri ada blok magnet, kemudian buka tutup magnetnya.
Buka kedua tutup klep. terus putar kipas ke kanan sampai posisi TOP. Posisi TOP bisa dirasain kalo kedua klep bergerak bebas.
kalau sudah pada posisi TOP. Langsung saja nyetel Intake, tempatnya di paling atas, terus kendorin mur klep (puter ke arah kiri), sambil ditahan pelatuknya pake kunci Valve Adjusting.

Untuk settingan standar klep Intake, antara 0.06mm -0.10mm. Setelah kendor, masukan Fuller Gauge sesuai keinginan, ke celah antara pelatuk (Rocker Arm) dengan klep.

bengkelsepedamotor-feelerg

Putar pelatuk ke arah kanan sampai mentok tapi jangan terlalu semangat muternya, bias-bisa murnya rurak. Settingan bisa dibilang tepat kalo pelatuk gak bisa bergerak bebas kalo digerakin pake tangan dan Fuller Gauge masih bisa digerakin. Sebelum melepas Fuller, kencengin mur klepnyaa, cabut Fuller.
Untuk Exhaust Settingan standarnya 0.08mm-0.12mm. biasanya selisih intake dan exhaust itu 0,02, kalau intakenya 0,6mm terus exhaustnya 0,08mm.
Terakhir nyalakan mesin motor.

Stel angin di karburator sampai suara motornya halus / langsam.

Posted in: Motor, News, Tips

Leave a Comment