Penyebab Cakram Peyang Dan Solusinya

Masalah yang akan muncul ketika kita kurang waspada dan melakukan perawatan adalah masalah pada rem kendaraan kita. Bagi sebagian wanita masalah ini bisa jadi sangat mengganggu, maklum saja tidak semua wanita memahami masalah otomotif. Sebatas pengetahuan saya, wanita yang banyak berkendara sendiri hanya mengetahui jika kendaraan mereka kehabisan bensin, bocor, dan service pada waktu tertentu. Mereka juga kebanyakan hanya mendengarkan saran dari montir yang ada di bengkel, misalnya harus ganti oli, ganti kampas rem, dan lain sebagainya. Masalah lain yang harus diwaspadai karena dapat memberikan sedikit resiko berbahaya jika tidak ditangani segera adalah rem cakram.

Penyebab Cakram Peyang

Ahli otomotif menyebutnya masalah cakram peyang, dimana saat Anda mengerem kendaraan baik dengan rem depan maupun rem belakang akan terasa naik turun atau bahasanya ndut-ndutan. Penyebabnya adalah karena rem cakram Anda mengalami oleng atau peyang itu sendiri. Munculnya rem cakram peyang bisa jadi Anda tanpa sengaja menabrak sesuatu atau terjadi setelah Anda kecelakaan, karena muncul akibat benturan. Solusi masalah ini adalah dianjurkan untuk segera mengganti cakram Anda agar tidak mengakibatkan masalah lainnya yakni kampas rem habis.

Udin yang merupakan narasumber ahli otomotif ini menyampaikan juga bahwa keadaan rem yang belum semestinya difungsikan, tetapi karena bergesekan dengan bagian cakram yang peyang tadi saat roda berputar menyebabkan kampas rem cepat habis dan cakram menipis. Menurut Udin pulalah diketahui bahwa tidak hanya karena benturan dan tabrakan dengan benda keras saja cakram rem peyang ini, melainkan juga karena kelalaian. Kelalaian dari pemilik kendaraan yang kecil yakni lupa membuka gembok yang ada di cakram rem. Jika hanya dilakukan sekali atau dua kali ini tidak akan menimbulkan masalah, namun keseringan ini barulah dapat memicu cakram peyang.

Masalah cakram peyang baiknya segera diperbaiki agar tidak memicu munculnya masalah lain pada kendaraan maupun juga bahaya bagi si pengendara itu sendiri. Sudah jelas masalah cakram peyang sering diindikasikan dengan saat Anda mengerem akan terasa naik turun dan juga ndut-ndutan. Setelah Anda merasakan dan mengalami kejanggalan ini baiknya segera lakukan pengecekan. Mintalah bantuan dari ahlinya dalam masalah ini agar tidak salah menanganinya.

Kita juga sudah memberikan informasi tentang penyebab cakram peyang itu sendiri yakni karena benturan dan juga kelalaian lupa membuka gembok cakram. Baiknya untuk menghindari dan melakukan pencegahan secara dini perhatikan betul masalah ini sehingga tidak akan timbul permasalahan. Cakram rem yang sudah tipis juga baiknya segera diganti yang baru karena dapat menyebabkan masalah pada kampas rem yang mudah panas. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda, memiliki kendaraan sendiri kita juga perlu rajin memperhatikan perawatannya. Karena performa kendaraan yang maksimal akan memberikan keamanan dan kenyamanan yang optimal juga.

Posted in: Motor

Leave a Comment