Cara Membersihkan Filter Udara Honda Beat PGM-FI

 

Jaman sekarang hampir semua motor keluaran terbaru menggunakan sistem injeksi dan sudah tidak menggunakan karburator lagi, hal ini dikarenakan bukan tanpa alasan tapi juga bisa menghemat penggunaan bahan bakar, dan pasti tentunya isi kantong bisa lebih hemat. Pada motor injeksi filter udara itu penting, harus sering dibersihkan agar terhindar dari kotoran dan akselerasi berat. Karena kalo tercampur dengan kotoran udara yang masuk bisa mengakibatkan mesin menjadi cepat panas dan akhirnya bisa boros, maka darii tu filter udara pada motor injeksi harus sering dibersihkan.

Seperti contoh saja, pada Honda Beat PGM-FI, jenis filternya basah. Walaupun bentuk dan jenisnya pun hampir sama dengan kertas kering. Kertas ini harus benar benar basah tapi bukan basah menggunakan air, harus pakai pelumas khusus.

Cara membersihkan filter basah tidak boleh secara sembarangan. Kalau sembarangan dicuci dengan besin hasilnya jadi kering dan bisa jadi kadungan pelumasnya yang ada pada filter hilang. Caranya dikuas ringan dipukul-pukul kecil filter udaranya agar kotoran menempel bisa hilang, terakhir bisa dilap dengan kain lembut agar benar-benar bersih. Dan dapat menyaring udara dengan sempurna.

Caranya : Posisikan Beat dengan standar tengah terlebih dulu.Buka tutup filter udara dengan cara membuka lima baut menggunakan obeng plus (+). Bila tutup filter sudah terbuka tinggal keluarkan filternya dari rumahnya Lalu bersihkan filternya, ingat jangan terlalu kering. Kalau standar pabrikan motor Honda Beat PGM-FI, filter ini harus ganti setiap 10.000 km sampai dengan 15.000 km agar kondisi mesin motor tetap terjaga. Tapi juga bisa tergantung pada pengendara motor. Bila motor sering lewat jalanan yang rusak dan berdebu jangan sampai melebihi 10.000 km karena sudah pasti banyak kotoran yang menempel didalam fiter. Sekarang sudah tau kan caranya, jadi bersihkan motor kamu secara berkala agar mesinya tetap normal dan kondisi motornya tetap fit.

Posted in: Motor

Leave a Comment