Cara Ganti Shock Breaker Depan yang Cepat dan Hemat

Sepeda motor biasanya menggunakan salah satu dari dua konfigurasi suspensi belakang yang berbeda, baik absorber tunggal atau mono-shock yang berpusat dalam swingarm belakang, atau penyerap twin-shock yang memiliki shock breaker sepanjang sisi swingarm. Mengganti shock breaker, sebagai bagian dari perbaikan atau peningkatan kinerja, memerlukan biaya dan keahlian khusus. Pekerjaan tersebut menuntut tingkat ketelitian dalam mengamati kinerja sepeda motor Anda. Penyetelan yang tidak tepat dari shock breaker dapat berujung pada l bencana.

Shock Breaker Depan

Peralatan yang dibutuhkan ketika mengganti shock breaker depan atau belakang antara lain kunci pas dan soket, dongkrak, tie-down, tang bergagang panjang pemutus bar, torsi kunci pas, dan pin Cotter. Pertama-tama lepaskan jok sepeda motor, baik dengan membuka gerendel kursi atau pelepasan dari frame dengan soket atau kunci pas. Lepaskan semua eksterior body panel, kantong pelana atau fairings dari sepeda motor, terutama di dekat shock breaker depan dan belakang. Tempatkan dongkrak khusus di bawah mesin sepeda motor. Amankan kedua setang ke titik-titik jangkar di kedua sisi dongkrak menggunakan tie-down.

Angkat sepeda motor sedikit dari tanah untuk meredakan ketegangan ditempatkan pada shock breaker dengan berat sepeda motor. Atau, angkat sepeda motor ke berdiri di tengah, jika ada perlengkapannya. Lepaskan pin cotter dari ujung bawah baut shock breaker menggunakan tang. Lewati langkah ini, jika sepeda motor tidak memiliki pin cotter di bagian ini. Kendurkan mur shock breaker atas dan bawah, dengan menggunakan kunci socket. Sepeda motor twin shock breaker dilengkapi akan menempatkan nut atas sepanjang rel fender belakang. Sementara sepeda motor mono-shock breaker dilengkapi dengan nut atas sepanjang bingkai bawah rel jok.

Lepaskan nut menggunakan kunci socket. Tarik baut pemasangan keluar dari bawah shock breaker dengan tangan. Angkat swingarm sedikit, jika baut pemasangan yang lebih rendah sulit untuk dilepas. Lepaskan baut pemasangan yang lebih rendah dari shock breaker Turunkan roda belakang ke tanah. Ayunan kedua shock breaker ke arah belakang sepeda motor sampai shock absorber yang lebih rendah terlihat jelas. Langkah ini hanya berlaku untuk sepeda motor-twin-shock. Lepaskan mur shock absorber bagian atas menggunakan kunci socket. Dukung shock absorber dengan satu tangan, lalu tarik baut pemasangan atas pada sisi lain.

Turunkan shock breaker, dan menariknya keluar dari bawah sepeda motor. Atau, tarik shock breaker atas dari pemasangan di dalam rel fender belakang. Instal shock breaker baru ke sepeda motor, baik dengan mendorong bagian atas mata ikan shock absorber ke kancing pemasangan ke dalam fender rel belakang atau mengangkat bagian atas lubang shock breaker ke dalam braket dalam bingkai bawah jok. Periksa semua baut pemasangan dan mur lalu kencangkan sebaik mungkin, Pasang kembali semua elemen.

Posted in: Motor

Leave a Comment