Memasang dan Menyesuaikan Kopling Hidrolik Pada sepeda Motor

Ada beberapa cara untuk memasang dan menyesuaikan kopling hidrolik pada sepeda motor, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Biasanya sepeda motor kecil seperti Honda CBR250R memiliki kabel kopling. Kopling kabel rentan terhadap hentakan. Kinerjanya juga seringkali harus disesuaikan akibat terkena kotoran, air, karat atau peregangan kabel. Ini berarti kopling kabel perlu diservis secara berkala. Kopling kabel bekerja dengan cara yang sama dengan kabel rem; Anda menarik tuas dan kabel menarik pada aktuator kopling, dan mendorong tongkat kecil yang menggerakkan kopling. Kopling hidrolik pada sepeda motor, misalnya pada memiliki beberapa kelebihan dibandingkan kopling kabel biasa.

Kopling Hidrolik Pada sepeda Motor

Mengganti kopling kabel dengan kopling hidrolik merupakan langkah yang bijak. Kopling hidrolik menggunakan cairan hidrolik yang berada di bawah tekanan kopling master silinder untuk memindahkan pelat kopling. Ketika kopling bergerak, cairan ini pelat kopling juga bergerak. Dengan keunggulannya pada sistem bebas perawatan, penggunaan kopling hidrolik pada sepeda motor merupakan langkah besar bagi industri, terutama karena kopling hidrolik mengurangi keharusan menarik tuas kopling.

Pemasangan utama pada kopling hidrolik adalah tuas kopling dan penempatannya dari stang. Dengan melonggarkan baut kedua pada tuas kopling dapat menyesuaikan sudut dimana tuas terletak berdekatan dengan stang. Kencangkan tuas ini ketika sudutnya sudah terasa nyaman. Setelah pemasangan, diperlukan penyesuaian yaitu membuat jarak dari tuas untuk stang. Ada ibu-roda atau tuas kecil yang mempengaruhi jarak. Tarik tuas kopling sedikit agar lebih nyaman dan longgarkan baut. Pindahkan tuas kecil, sampai memegang jarak yang solid.

Dengan memperketat baut tersebut, sekarang tuas kopling menjadi lebih dekat dengan stang dan kemiringannya bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Penyesuaian ini akan membantu jika Anda menemukan kesulitan untuk menarik tuas dengan cepat. Beberapa kopling memiliki pin dan tuas yang membantu mengatur titik keterlibatan kopling. Untuk ini, Anda harus membongkar body tuas dan menghabiskan waktu mendapatkan ‘gigitan’ pada titik tepat. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan kopling hidrolik motor Anda pada bagian akhir batang kopling. Caranya dengan meletakkannya ke arah dalam atau ke luar, tergantung pada apakah Anda ingin kopling mendekat atau menjauh dari setang.

Penggantian kopling hidrolik sebenarnya cukup sederhana. Sebagian besar masalah yang mengganggu kopling berpusat pada mekanisme penggerak, baik kabel atau jalur hidrolik (atau master/slave), kopling tuas, atau penyesuaian yang mereka butuhkan. Kopling hidrolik memiliki beberapa komponen tambahan yang diatur mirip dengan garis rem, dan memiliki master dan slave silinder, seperti rem depan Anda. Jadi, jika sepeda motor Anda memiliki kopling kabel yang tidak bekerja dengan baik atau macet, sebaiknya segera diganti dengan kopling hidrolik agar lebih nyaman ketika digunakan.

Posted in: Modifikasi

Leave a Comment