Cara Memasang Relay Lampu Mobil

Anda Memiliki mobil dan mengeluh cahaya lampu kurang terang?

Sesungguhnya lampu standar pabrikan mobil sudah cukup terang, seiring bertambahnya umur maka timbul beberapa pemicu menyusutnya pencahayaan lampu pada mobil. Tapi tunggu dulu anda tidak bisa mengganti dengan seenaknya saja. Karena kita tahu bahwa kabel dari pabrik hanya didesain untuk dilewati arus 60 watt bukan, memaksa mengganti bohlam watt standar dengan watt yang lebih besar hanya akan menimbulkan masalah dikemudian hari.

Apa itu relay dan apa fungsinya?

Relay merupakan komponen elektrik pada kendaraan, yang berfungsi untuk memperbesar arus listrik dari saklar yang akan dialirkan menuju komponen lainnya seperti lampu,klakson, dan lain sebagaiya.

Atau lebih simpelnya relay ini memiliki fungsi mengalirkan arus listrik besar tapi dengan sistem pengendalian arus listrik kecil.

relay

Cara Memasang Relay Lampu Mobil.

1. pertama memasang kabel di kendaraan anda, anda bisa membuka gril depan agar mudah memasangnya. letakkan kabel sekiranya bebas dari gangguan.
2. Carikan tempat juga untuk ketiga relay beserta sekringnya. Carikan tempat yang mudah dijangkau dan sebisa mungkin terlindung dari terpaan air hujan secara langsung.
3. Pasang kabel massa langsung ambil dari Accu negatif juga ambil dari strum Positif dari Accu. baut dengan kencang. Ingat jangan terbalik antara kabel massa dan strum
4. Gambar fiting Lampu mobil sedang yang hitam adalah soket bawaan kabel set, hubungkan keduanya.
5. Kedua soket sudah terhubung lalu pasangkan soket dari relay ke lampu utama- lampu besar.
6. Setelah lampu sebelah kiri selesai anda tinggal beralih ke lampu satunya, seperti awal Pasangkan kabel massa dari kabel set ke badan mobil, baut dengan kencang.
7. Lepaskan Fiting lampu bawaan mobil.
8. Lalu bungkus dengan plastik.
9. Lalu Pasang Fiting bawaan Kabel Set ke lampu utama anda.
10. Detail gambarnya. Lalu coba hidupkan lampu dan silahkan check nyalanya.

Bagaimana mudah bukan? Tapi ingat sobat harus hati-hati…jangan sampai salah sambung, akibatnya bisa terjadi korsleting. Jika sobat tidak yakin ada baiknya serahkan kepada bengkel yang sudah ahlinya.

Demikianlah yang dapat saya bagikan. Terimakasih atas kunjungannya.

Posted in: Mobil, Modifikasi, Shop, Tips

Leave a Comment